Posted in The Lessons

Merdeka… Atau Mati!

Merdeka atau mati bukanlah pilihan… Beliau-beliau adalah pasangan. Dahulu dan sekarang.

Konon, saat bangsa ini masih berurusan dengan mas-mas dan mbak-mbak bule Belanda, banyak orang yang harus menjemput kematiannya untuk memberikan kemerdekaan. Mati demi melancarkan upaya sebagian orang lain (yang masih punya tanggungan berupa kehidupan) untuk menjadi penguasa atas tanah airnya sendiri.

Untuk menjadi merdeka, sebagian orang harus mati. Untuk menjadi merdeka, kita harus mati…

Setelah kisah konon itu selesai, sepertinya bangsa ini sudah merdeka. Katanya sih begitu… Menurut kamu?

Menurut saya… bangsa ini belum merdeka!

Bangsa ini belum merdeka dari kebodohan. Ingat, untuk menjadi merdeka, ada yang perlu mati! Maka bunuhlah semua yang menghalangi untuk menjadi lebih pandai. Diskriminasi gender, tuntutan menikah muda dan meninggalkan bangku pendidikan, koneksi internet yang se-aduhai krupuk tanpa toples, buku-buku pendidikan dengan harga selangit, korupsi dalam institusi pendidikan, kemalasan pendidik yang asal menjejalkan teori, aturan dan undang-undang yang membatasi kreativitas, dan semacamnya. Bunuh semua!

Bangsa ini belum merdeka dari kebohongan. Merdeka menuntut kematian…. Matikan basa-basi busuk, rasa malu, rasa takut akan ditolak, keinginan untuk menjadi orang lain, keserakahan untuk selalu menguntungkan diri sendiri, dan pikirkan lagi sisanya. Matikan saja!

Banyak hal yang menjadi penjajah baru. Saya juga masih belum merdeka dari banyak hal. Tapi setidaknya saya mencoba. Mengulik hal-hal yang membelenggu saya. Memutar otak, mencari cara untuk melepaskan diri secepatnya. Memerdekakan diri saya dan memerdekakan orang lain, itu pun bila saya diberikan cukup kesempatan…

. . .

Happy birthday, Republik Indonesia…

Love,
^nee^

Advertisements

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s