Posted in The Stories

Gue Rasis?

Hello gorgeous…

Pagi ini cetar syalala. Baru beranjak tidur jam setengah 5 dan harus bangun jam 6 pagi. Udah kayak zombi aja nih gue. Otaknya masih hibernasi sebagian. Perlu makan otak orang kayaknya…

Apa alasan gue tidur (ke)pagi(an)?
Jelas dong… memenuhi kewajiban sebagai anak nongkrong. Nangkring sendiri di Kedai Kopi Selokan, trus ujung-ujungnya malah curhat dadakan ama mas-mas waiters Kedai Kopi.  Ajib!

Apa alasan gue bangun pagi?
Segenggaam berlian, bray… or… a small part of it. Yeah, gue ada job, jadi conductor di acaranya Departemen Keuangan. Judulnya ada acara sosialisasi OJK. OJK tuh apaan? Di-google aja… Tugas negara gue pagi ini adalah… mimpin para pejabat nyanyi Indonesia Raya… Indonesia Raya tu apaan? Kagak ngerti??? Jadi turis aja loe… Tu lagu kebangsaannya Indonesia, dudul…!

Jadi, detik ini gue lagi di Hotel Phoenix, nungguin acaranya dimulai. Garing. Sendirian nih.

Semalem sempet ada briefing nggak jelas ama Event Organizernya. Sumpah. Nggak jelas banget! Dan gue ngerasa ZONG banget pas ada 1 orang yang ngomongnya Jakarta abis. Gue nggak masalah sih ama hal-hal semacam pilihan kata, aksen daerah, dan tetek bengek kebahasaan yang laen. Gue cuma masalah ama attitude tuh orang. Sengak. Songong. Sok penting.

Dan… gue jadi mikir… tentang karakter orang dari macem-macem daerah di Indonesia. Dan… gue jadi ngerasa rasis… bikin stereotype gitu…

Well… somehow ada sebagian stereotyping yang terbukti nyata. Kayak yang melintas di benak gue semalem: “Anjir, ne orang songong banget. Maklum sih, orang Jakarte…”
Whoops! Pemikiran ntu beneran munculnya nggak sengaja. Spontan. Tapi kalo dipikir-pikir, level kebolehjadiannya tinggi banget. Iya nggak? Boleh nggak setuju lho… Ini kan opini aja…
Abis itu, lanjut lagi ke pemikiran laen. Yang nggak spontan. Semacam… “Ah, untung gue di Jogja. Orang-orang sini ramah. Jarang ada yang arogan. Biasanya malah nunduk-nunduk. Manut. Nrimo. Pekewuh. Sayangnya, kadang kebanyakan basa-basi. Dan yang paling parah, jatohnya jadi bermuka dua.”
Dan keterusan mikir tentang orang-orang dari daerah gue. Jember, Jawa Timur. “Kata temen-temen, orang Jawa Timur tu kasar-kasar. Apalagi omongannya. Wuih! Kasar deh pokoknya…”
Dan gue membela diri dari pemikiran yang terakhir ntu, “Bukannya kasar sih, tapi to the point. Straightforward. Nggak pake basa basi busuk!”
Nah! Rasis kan gue jadinya…

Ah, udahlah… Ini cuma obrolan ngelantur gue di pagi hari.

Bhay!

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

