Posted in The Stories

My Jobs – Part 4: Paperwork Consultant

Hello gorgeous!

Akhirnya kita ketemu lagiii. Yeay! Whaddap, gals? Fine? Good…

Kembali ke salah satu topik posting yang terbengkalai selama 14 hari. My Job(s)! Hihihi…

Jadi, kali ini aku bakal bercerita tentang pekerjaanku yang keempat, yaitu paperwork consultant. Semua berawal dari 11 tahun yang lalu…

Sedikit background story.

Tahun 2000, untuk pertama kalinya aku berkenalan dengan Microsoft Word, Excel, dan antek-anteknya. Sayangnya, durasi untuk mata pelajaran Komputer di sekolah nggak cukup memuaskanku, saat itu. Jadilah aku mendalami MS Office secara otodidak.

Tahun 2001, aku memegang jabatan sebagai Ketua Komite Yearbook dan Divisi Band di OSIS. Mau nggak mau, aku harus bersentuhan dengan presentasi, proposal, laporan pertanggungjawaban, dan sebangsanya. Dari sinilah, aku menumbuhkembangkan kecintaan terhadap dunia tulis menulis. Termasuk tulisan ilmiah. Walaupun aku bukan orang yang mahir di bidang ini sebenernya…

Background storyend.

Awal tahun 2003, seluruh siswa kelas 3 mendapatkan tugas akhir untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu membuat karya ilmiah secara individual tentang analisis novel. Nah, saat itulah, aku memulai pekerjaan ini. Beberapa teman merasa kesusahan dalam menyelesaikan karya ilmiahnya, sehingga aku menawarkan bantuan dalam proses editing. Basically, ‘klien’-ku menulis karya ilmiah semampunya, kemudian ku-edit struktur kalimatnya, paragrafnya, diksinya, lay out-nya, dan seterusnya hingga proses printing. Jadi, saat itu aku memberikan charge untuk print out aja. Per halaman sekian rupiah (lupa, gals!).

Ilegal nggak sih? Nggak, kan? Semoga nggak… Soalnya, aktivitas ini berlanjut sampai sekarang, gratisan maupun berbayar. Hihihi… Entah kenapa, saat ngeliat seseorang lagi garap tulisan (semacam makalah, esai, skripsi, tesis), tanganku rasanya gatel, pengen ikut menjamah keyboard, walau sekedar untuk memeriksa typo (kesalahan tulis). Huft… Kebiasaan buruk…

Anyway, terlepas dari legal atau nggaknya, pekerjaan yang satu ini termasuk salah satu dari sekian hal yang kulakukan berdasarkan passion – gairah yang membara… #eh

Jadi, I’ll keep doing it. With pride. And beauty. *ngelantur*

See you on another post!

Love,
^nee^

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

