Posted in The Lessons

Trend Baru: Pemerkosaan Hak

Hello gorgeous…

Beberapa hari terakhir ini ada satu tren yang baru saya sadari keberadaannya: pemerkosaan hak!

Saat ini seseorang sudah tidak merasa rikuh atau segan untuk menganiaya, menginjak-injak, dan memperkosa hak sesamanya. Mungkin sejak dahulu kala, fenomena ini sudah kerap terjadi, namun tidak semarak sekarang dan tidak seberani sekarang. Sama seperti dalam perang: TAKTIK GERILYA SUDAH BASI! Dan lebih parah lagi, pemerkosaan ini bukan hanya dilakukan seseorang kepada seorang lain yang sama sekali asing baginya, melainkan sudah menginjak pada tahap dimana seseorang dengan mudahnya melakukannya pada seorang kenalan baik, atau seorang teman.

Sebuah pemicu munculnya pencerahan ini adalah kejadian yang baru saja saya alami malam hari ini. Beberapa menit sebelum saya mulai menulis ‘naskah’ ini. Kejadian yang membuat miris. Sederhana, namun tidak membuat saya puas, sama sekali. Mari kita simak ceritanya…

Saya menginjakkan kaki di sebuah coffee shop malam hari ini, pukul 9 malam. Sungguh timing yang tidak tepat, karena seolah menjadi tradisi bahwa pada pukul 9, coffee shop kesayangan saya ini dipadati oleh manusia-manusia.

Hingga akhirnya, saya dan seorang teman terpaksa mengambil tempat duduk yang tersisa. Di teras, dengan hanya 2 kursi. dan ini menjadi masalah, karena salah seorang teman yang lain menjanjikan untuk datang dan bergabung bersama kami.

Hampir satu jam berlalu, akhirnya sekelompok orang memutuskan untuk beranjak dari coffee shop ini. Tempat duduk mantan persinggahan mereka kami ambil alih. Seperangkat sofa ditata membentuk huruf L dan seonggok meja yang cukup besar untuk kami berdua, sembari menunggu teman lain tiba.

Beberapa menit kemudian, seorang teman lain – yang sudah lama tidak kami jumpai –  tiba di coffee shop ini. Tidak ada tempat duduk tersisa, tentunya. Ia menghampiri kami. Dan duduk bersama kami. It’s OK.

Seorang teman lagi datang.  Bersama 2 orang temannya yang tidak kami kenal sama sekali. Dan lagi-lagi bergabung bersama kami. Saya sengaja menyisakan sejengkal jeda (secara harafiah, sejengkal… bahkan sejengkal tak sampai) untuk teman kami yang belum datang.

Belum lagi kami bernapas lega dengan sofa yang sudah tampak seperti angkutan umum yang sedang kejar setoran, seorang lain yang tak kami kenal – teman dari teman-teman saya yang nimbrung di meja kami – datang dan bergabung di meja kami.

Sedikit keberuntungan memihak kami saat ada satu meja yang akhirnya kosong. Kapasitas normal 2 orang. Kapasitas sesak 3 orang.

TIDAK ADA SATU PUN dari ‘teman-teman’ saya tadi yang memiliki inisiatif untuk pindah meja, demi kenyamanan bersama.

Akhirnya, kami berdua mengalah.

Kami yang memilih menyingkir dari meja yang kami dapatkan dengan menunggu. Dan pindah ke meja lain yang lebih kecil.

Pertanyaan, “Kenapa pindah?” hanya saya jawab dengan, “Teman saya sedang dalam perjalanan kesini. Kami pindah agar ada space.”

Dan sepertinya tidak ada rasa bersalah, sungkan, segan, atau tidak enak. Bahkan ada salah satu komentar yang membuat saya kehilangan respek, “Udah, nggak apa-apa, biarin aja.”

WOW.

WOW!

Ajaib. Dengan begitu leganya ucapan semacaam itu bisa terlontar dari seseorang yang sebelumnya saya hargai.

Peristiwa tersebut hanyalah satu contoh. Ada lagi kisah lain yang belum siap untuk saya ceritakan…

Yang jelas, kepercayaan saya akan adanya penghargaan atas hak orang lain sirna sudah. Apabila orang yang saya kenal saja tidak lagi ragu untuk merampas hak saya, apalagi orang yang belum saya kenal?

Semoga masih ada orang-orang ‘baik’ di luar sana yang dapat mengembalikan kepercayaan saya. Amin!

 

_nee_

 

 

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

