Posted in The Lessons

Jam Masuk Kantor Ideal

Hello gorgeous…

Hari ini aku nyampe kantor jam 8.05. Dan tumben-tumbennya, e-mail yang masuk  semaleman sampe pagi tadi cuma 56 biji, lebih dikit dibanding biasanya. Jadi ya… Sepagi ini sudah menikmati secangkir kopi dan roksida di teras kantor.

Konon nih, jam segini adalah jam dimana aku baru masuk kantor. Seringnya mepet-mepet jam 8.20. Jam kantor resmi adalah jam 8.00. Toleransi untuk divisiku adalah 8.20. Jadi, aku nggak bisa dibilang telat juga… *ngeles* Cuman kadang-kadang aja nyampe kantornya lebih dari jam toleransi.

Terus, kenapa aku jadi insaf dan dateng pagi buta ke kantor?

Ceritanya… Sejak sekitar 1 bulan yang lalu, jam kedatangan kantor udah mulai diperketat. Jam toleransi untuk divisiku diubah jadi 8.10. Telat beberapa kali, ditegur. Kebanyakan yang ketauan telat, dikirimin e-mail massal, isinya berupa teguran tentang keterlambatan. Dan jelas dong, aku pernah ditegur gara-gara nelat… Beberapa kali, malah.

Sebenernya nggak masalah juga sih. Di kantor-kantor “normal”, yang namanya jam kantor tuh adalah hal yang nggak bisa diganggu gugat. Telat berarti potong gaji. Ato sekalinya telat langsung dapet SP – surat cinta dari Leader atau bahkan HRD. Cuman… Ya gimana ya? Kantorku dulu terbilang asyik. Pegawainya nggak perlu pake seragam. Ada gym free buat pegawai. Ada gaming room. Ada coffee machine yang isinya bisa dikonsumsi sepuasnya, ampe kembung! Teh panas juga udah tersedia tiap pagi, yang begitu abis langsung dibikinin lagi ama para OB tersayang. Pegawai dapet asuransi kelas 1. Bisa ijin mendadak buat keperluan penting, misalnya konsultasi skripsi ke kampus, ngurusin KTP, ke Samsat, keluarga sedarah opname, ampe istri melahirkan. Terlambat ngantor pun dispensasinya luar biasa! Pegawai-pegawainya – termasuk aku – udah terbiasa dibikin “enak” di kantor.

Dan sekarang… Semua berubah sejak negara api menyerang…

Bagus sih sebenernya. Meningkatkan kedisiplinan dan optimalisasi kerjaan. Tapi, gals, yang bikin agak ZONG adalah bahwa penertibannya masih diskriminatif dan nggak merata. Para pembesar seolah-olah lebih bebas untuk dateng telat. Front desk datengnya telat, pake banget (sekarang udah mendingan sih…). Beberapa divisi yang dicari banyak orang datengnya juga nggak ontime. Jadinya… Udah dateng pagi malah bete. Lagi butuh apaaa gitu, eh, divisi yang terkait belum nongol di kantor. ZONG banget, kaaann..? Secara pribadi, nggak masalah kalo jam kedatangan diperketat, tapi pelaksanaannya yang adil dong… Buat yang malemnya dapet jatah lembur dari kantor, kan udah ada bonus hari libur buat nggantiin lemburnya… Jadi, walau lembur ampe pagi, kewajiban ngantor jam 8 juga perlu dipatuhi.

Seringnya, aku jadi bertanya-tanya tentang penyebab orang-orang pada dateng telat. Salah satu penyebab yang kepikir di otak adalah bahwa jam masuk kantorku kurang ideal. Cabang yang di negri lain aja masuk kantor rata-rata jam 9. Kenapa nggak dibikin sama aja?

Buatku, masuk jam 9 berarti bangun jam 8 pagi. Masuk akal. Buat yang hobi begadang atau kepaksa begadang (karena insomnia atau emang punya side job *uhuk* curhat *uhuk*), waktu tidurnya udah cukup banget tuh. Buat yang emang kebiasaan bangun pagi, jadi punya banyak waktu buat olahraga pagi atau masak atau bebersih rumah/kos/kontrakan atau nganterin sodara ke sekolah.

Terus, pulang kantornya tetep jam 5 sore. Biar samaan kayak Night Shift. Jam 9 sampe jam 5 kan 8 jam kerja tuh. Yang Night Shift udah 8 jam kerja selama ini, dari jam 3 sore ampe jam 11 malem atau jam 5 sore sampe jam 1 dini hari. Adil.

Itu tadi pendapat pribadi saja, kalau emang jam kantor mau dibikin ketat. Tapi sebenernya, jauh dari lubuk hati yang paling dalam, aku nggak masalah ama telat atau nggaknya orang sekantor, asal kerjaannya beres dan ada di tempat saat dibutuhkan.

Sekian,
^nee^

Advertisements

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s