Posted in The Lessons

Sist Code #3: Mind Your Own Business..!

mind your own business

Hello gorgeous…

Bulan-bulan lalu aku sempet sebel ama beberapa orang yang rasa ikut campurnya over dosis.

Bukan berarti aku nggak suka direcokin dalam berbagai bentuk, entah perhatian, pertanyaan, kepo-an, dan sebagainya. Tapi dua bulan terakhir ini rasanya pengen mbanting kulkas tiap hari, gara-garanya ada orang yang nggak bisa stay away dari hidupku dan efeknya bukan bagus, tapi merugikan.

Memberikan perhatian buat temen – secara gerilya ataupun terbuka – boleh-boleh aja. Tapi yang wajar dong… Jangan sampe apa yang kamu lakukan berdampak buruk pada temen kamu itu. Nggak semua orang bisa merasa nyaman dengan perhatian yang berlebihan. Kadang malah muntah dan ilang feeling sejadi-jadinya kalo dikasi perhatian yang lebay.

Poin lain: membombardir seseorang dengan pertanyaan yang sifatnya pribadi itu SARU! Setiap orang punya karakter yang berbeda. Ada yang memilih untuk menyimpan banyak rahasia. Ada juga yang memilih untuk menyimpan sedikit rahasia. Seterbuka apapun seseorang, pasti ada hal yang disimpan untuk dirinya sendiri. Makanya, selama ini kalo tau ada temen yang lagi bermasalah, aku memilih untuk nunggu dia cerita.
Atau minimal, nanya seadanya, “Kamu tuh kenapa ey?”
Kalo nggak dijawab, ato dijawab, “Aku nggak apa-apa…” ya udah… Saatnya menunggu curhatan di lain kesempatan.

Trus ada yang cara ikut campurnya lain lagi, yaitu dengan cara memberikan informasi yang salah tentang aku ke orang lain, yang sifatnya negatif. Kalo bener sih nggak masalah ya… aku juga nyadar kalo aku bukan orang yang paling bener sedunia. Dan informasi yang salah itu disampaikan berulang-ulang. Minta dijambak nggak, tuh, namanya? Sok tau amat, sih!

Kalo aku sih, pengennya… Mind your own business. Nggak perlu “mengendus-endus” hidupnya orang lain, apalagi dalam konteks nyari-nyari kesalahan orang lain. Setiap orang punya kehidupan untuk dijalani dan diurusin. Nggak perlu berlebihan ikut campur dalam hidupnya orang lain (dan gimana cara dia njalaninnya). Perhatian boleh, asal nggak berlebihan. Kepo boleh, tapi sewajarnya aja deh. Sok tau dan ‘wadhul’ (mengadu), hukumnya HARAM! Ati-ati karma…

_rawr_
NEE

Advertisements

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s