Posted in The Stories

Go to the East on July 18, 2015!

Hello gorgeous…

Kemaren, lagi-lagi gue cabs ke luar kota. Sekitar jam 8 pagi gue dibangunin ama papa, diajakin buat jalan-jalan ke rumah eyang di Banyuwangi.

Beda kayak taun-taun sebelumnya, gue nanggepinnya ga pake males. Udah semacam sadar kalo acara mudik tu acara keluarga yang penting. Sejak eyang uti dari pihak mama (yang di Malang) meninggal, denger mama gue nangis pas eyang uti meninggal bulan Mei kemaren, ditambah lagi eyang uti-nya Mas Dedi meninggal juga 2 minggu lalu, rasanya bersyukur gue masih punya 2 orang tua, yang pastinya kangen ama anak-anaknya yang nyebar kemana-mana (Mbak Tanti di Karawang, gue ama Yuda di Jogja, Indra di Bali, Suster Marietta di Situbondo).

Sempet juga mama cerita (tapi dah lama banget), katanya papa sering kecewa pas anak-anaknya ga antusias buat kunjungan lebaran ke rumah eyang Banyuwangi, beda lah kalo dibandingin ama respon kami pas kunjungan lebaran ke Malang. Nah, pas udah gedean kayak sekarang, baru bisa mikir, ikut empati lah ama yang dirasain papa.

Jadi, gue semangat buat ngikut ke Banyuwangi, meskipun Yuda n Indra ga ikutan, yang penting gue dah ngewakilin anak-anaknya papa mama buat ketemu eyang uti (PS: eyang kakung dah meninggal).

So… Gue mandi, siap-siapin oleh-oleh buat eyang, trus kami berangkat ke Banyuwangi. Mampir bentar di Indomakcrut* buat beli minuman buat di perjalanan..

image

image

Pas udah nyampe di tempat eyang, di Glenmore, Banyuwangi, ketemu lah gue ama wajah-wajah ga dikenal. Maklum, keluarga papa paling jarang ngumpul bareng atau setidaknya main ke rumah Jember.

image

image

Gue ketemu ama Pakdhe Sudin, anak kedua dari keluarganya papa. Jujur, gue belum pernah  ketemu ama Pakdhe yang satu ini. Kalo kata papa sih, Pakdhe Sudin dah pernah main ke rumah. Pas gue masih kecil kali yak?
Nah, Pakdhe Sudin ke rumah eyang bareng istrinya ama 1 anaknya. Cuman sempet ngobrol-ngobrol ama papa sekitar 2 jam, trus Pakdhe pamitan pulang.

image

image

Gue ketemu juga ama Tante Nur, adiknya papa. Dia emang tinggalnya di rumah eyang, bareng ama suaminya, Oom Budi. Anaknya, si Eko, dah beristri n punya anak 1, Agesta. Adiknya Eko ada 2: Rossa n Bella. Udah gede semua!

image

image

Trus belakangan, Oom Har dateng juga. Bareng istrinya ama 2 anaknya: Tian ama yang satunya lagi gue ga ngerti namanya. Wekekeke…

image

Akhirnya sekitar jam 4 kami pamitan. Cabut dah dari Glenmore, ngelewatin jalan kebon yang aduhai. Saking alusnya, kalo bawa telor mentah di dalem mobil, pas dipecahin udah bisa bikin telor dadar, ga udah dikocok lagi. Kiri kanan isinya taneman perkebunan: tebu, cacao, entah apa lagi.

image

image

Gue sempet rikues papa mama buat mampir cari es degan a.k.a. kelapa muda. Berhentilah kita di daerah Krikilan, mampir di warung bakso langganan mudik. Akhirnya malah gue pesen bakso. Dan karena es degannya ga ada, pesen Teh Botol Sosor* deh…

Abis makan bakso, kita ngelanjutin perjalanan, yang mana gue tidur terus, ampe tau-tau nyampe Jember. Hurah!

Malemnya, gue garap paperwork ampe jam 4 pagi. Sekian.

*nama sengaja disamarkan

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

