Posted in The Lessons

Maju…atau Mundur?

Selangkah aku maju namun terasa bermil-mil aku mundur…

Mengambil keputusan atas pilihan-pilihan hidup bukanlah perkara sederhana. Seringkali, walaupun tidak selalu.

Memantapkan hati untuk mengambil langkah maju, meski sejengkal, sedikit banyak menyita waktu.
Karena pada akhirnya…perasaan yang akan menjadi korban. Entah korban kebahagiaan yang melimpahruah. Atau korban kesakitan yang merajalela.

Banyak masa dimana aku ingin jalan di tempat. Dimana aku bisa berulangkali menoleh ke belakang, memandang keindahan dari puing-puing masa lalu… Dimana aku bisa menaruh harap, menduga-duga, dan bermimpi tentang keindahan di depan, tanpa perlu menghadapi persimpangan-persimpangan baru yang terasa asing…

Bukan sekali aku mengambil langkah yang salah. Bukan sekali pilihan yang kuamini berubah jadi petaka. Kesalahan dan petaka yang tidak pernah aku sesali, memang, tapi tetap saja…terasa bermil-mil aku mundur…
Sakit? Pasti…
Jengah? Jelas…
Khawatir? Tentu…

Saat selangkah aku maju, aku layak merasakan kelegaan!
Itu rasaku…
Saat selangkah aku maju, aku pantas mendapatkan kebahagiaan!
Itu pikirku…
Sayangnya, dunia yang kuhadapi tidak melulu memuja rasa dan pikirku.

Yah…
Aku hanya berharap alam bawah sadarku melenakan kakiku.
Membawanya melangkah, maju, di tempat, atau mundur.
Aku menyerahkan diri pada keinginan terdalam. Pada suara-suara yang tak berwujud. Pada teriakan jiwa yang merangsek keluar.
Dan pada akhirnya, jika perasaanku berkata bahwa aku mundur bermil-mil, aku akan punya kambing hitam untuk disalahkan…

_rawr_

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

