Posted in The Lessons

LAPAS Malang

Hello gorgeous,

Pas di Malang kemaren gw sempet mengunjungi salah satu Lembaga Permasyarakatan a.k.a. LAPAS Malang. Siapa yang lagi jadi napi di sana? Ra.ha.si.a! 😛

Jadi gw kesana semacam saltum (baca: salah kostum). Berhubung gw ke LAPAS setelah salam-salaman sebubarnya Sholat Ied, gw masih pake dress panjang, tanpa lengan. Dan gw berangkat ke LAPAS tanpa nyempetin ambil jaket ato apalah apalah.

Jadinya… pas udah nyampe sana, gw disuruh ganti baju! Dih! Lo kate rumah gw di sebelah LAPAS, dan gw bisa seenaknya capcus balik ke rumah buat ganti baju, gitu?

Jadi sejak detik itu, gw mah sebodo amat… kalo ga dibolehin masuk ya udah, gw tunggu di luar aja.

Akhirnya, sepupu gw inisiatif minjemin jaketnya buat gw pake. Walopun sempet kejadian juga gw dilarang masuk gegara pake jaket. Jaket juga dilarang, gals! Tapi pas gw tunjukin lengan telanjang yang ada di balik jaket, gw langsung dibolehin jalan terus. Wekekeke…

Eh eh ternyata di pos pemeriksaan yang kedua, gw dilarang masuk lagi gegara bawa tas. Padahal tas gw kecil loh! Cuman bisa muat dompet, amplop angpau, tisu, hape, ama tab. 😦

Akhirnya gw memutuskan untuk tinggal di luar aja, ga jadi besuk napi.

Rencana stay di luar pun gagal gegara rombongan gw menego para sipir biar gw bisa nyusul masuk. Alhasil, gw kudu nitip tas dulu di tempat penitipan yang ramenya naujubilah! Gimana ga rame? Orang yang antri kunjungan aja ampe 300an lebih dan 1 nomer antrian isinya bisa 3-8 orang!

Ujung-ujungnya gw berhasil masuk ke LAPAS, pake diraba-raba ama sipir cewek, buat pemeriksaan gitu… Yakalik gw bawa bom. Ato senjata tajam. Ato miras selundupan! Wekekeke…

Nah… berbekal keribetan kunjungan inilah, gw jadi terinspirasi buat nulis nih postingan. Biar bisa jadi tambahan info buat kalian yang suatu saat butuh ke LAPAS buat ketemu ama siapa gitu dehhh… Cus baca terus!

Tips
Berdoalah sebelum tidur… Wekekeke… Ga ada hubungannya ama LAPAS, tapi perlu dilakukan buat mempersiapkan hati dan pikiran. *halah

Pake celana yang nyaman n kaos yang ada lengennya.
Kunjungan hari raya kayaknya beda ama hari biasa. Soalnya para napi n pengunjungnya dikasih ruangan terbuka yang dikasih tikar ala-ala piknik keluarga. Makanya diminta pake baju yang sopan, biar ga ‘disergap’ ama napi lain – ini asumsi gw. Dan kenapa celana? Soalnya duduknya lesehan! Pake dress ato rok mah bikin ribet!

Pake sandal, jangan pake sepatu.
Ini kaitannya masih ama duduk lesehan tadi. Gw kemaren pake sneakers, jadi rombongan gw harus nungguin gw pake separu pas kita udah kelar kunjungan.

Siapin fotokopi KTP! Ini syarat wajib buat pengunjung. Kalo pengunjung cowok malah kudu bawa KTP asli (ato Kartu Pelajar dll.) buat pemeriksaan di dalem. Kuatirnya ada yang tukeran tempat ama si napi – semacam jadi joki gitu…

Tas, mau sekecil apapun, mending dititipin. HP wajib dititipin. Duit dikantongin aja, kali aja butuh…

Bawa snack ato minuman yang nggak mencurigakan. Yang masih segelan dalam kemasan, jadi ga bakal dicurigain bawa minuman aneh-aneh buat napi.
Snack bakal berguna pas lagi ketemuan ama si napi, jadi ngobrolnya lebih seru… kan ada cemilannya… Wekekeke…

Siapkan hati dan tisu yak. Kalo napinya orang yang deket ama kalian, gw yakin bakal ada acara nangis-nangisan. Jadi kalian harus jadi orang yang lebih kuat – jangan nangis bombai. Setidaknya kalo si napi nangis, kalian berada di posisi menenangkan, ga mewek-mewekan berdua. Wekekeke… Tisu juga penting buat menghapus air mata kesedihan… *halah lagi

Kalo bisa sih, sekalian kasih nasehat ke si napi buat ga ngulangin perbuatannya. Mana enak Lebaran gitu di bui, ga bisa jalan-jalan, ga bisa kumpul ama keluarga… Syedih lah…
Jaga juga orang-orang terdekat kalian biar ga sampe bikin salah atau ngelanggar hukum segitunya. Dipenjara tuh nggak enak…

Kira-kira gitu sih tips dari gw. Semoga bermanfaat yaaaa…

Author:

I am a greedy person. I always want to get more, to be more, to gain more. Sometimes I feel like I can't get through my own mind. I couldn't even understand myself. That's why I create ExtraordinarNee. To see through me, and to be seen... :)

Write your comment down here...

